PEDOMAN UMUM
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LOKAL) 2015
I. PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Ledakan penduduk di Indonesia semakin meningkat, menyebabkan ketersediaan sumberdaya alam pun menjadi semakin menipis, polusi meningkat dan terjadi perubahan iklim.Demi menjaga alam di Indonesia agar tetap seimbang, sejuk, aman dan layak dihuni makadiperlukan suatu gagasan yang kreatif dan inovatif. Industri kimia menjadi salah satu faktorterbesar penyebab kerusakan alam di Indonesia bahkan di dunia. Akibat dari penggunaanenergi yang berlebihan dalam industri kimia, penggunaan reagen berbahaya, serta limbahtidak bersahabat. Oleh karena itu, diperlukan suatu gagasan yang kreatif dan inovatif agar kegiatan industri kimia dapat terus berjalan tanpa menimbulkan efek yang merugikan.
Saat ini sedang umum diperbincangkan tentang kimia hijau “green chemistry” atau kimiaramah lingkungan. Tujuan kimia ramah lingkungan atau yang dikenal dengan green chemistry adalah desain produk dan proses kimia yang mengurangi atau menghilangkanpenggunaan maupun produksi zat kimia yang sifatnya berbahaya. Teknologi kimia ramahlingkungan memberikan manfaat, antara lain mengurangi produksi limbah, menghasilkanproduk yang lebih aman, mengurangi penggunaan energi dan sumber daya alam yang tidakdapat diperbaharui. Salah satu contoh dari produk kimia ramah lingkungan adalah minyakeukaliptus yang bermanfaat sebagai desinfektan, produksi biogas, teknologi biopulping yang meniru proses mikoorganisme pada proses pelapukan untuk digunakan dalam tingkatindustri dan kendaraan hybrid.
LOKAL 2015 merupakan salah satu media untuk mengembangkan pengetahuan ilmiah, meningkatkan kemampuan akademik serta memacu kreativitas siswa SMA/MA/SMKF se-JABODETABEK yang diharapkan dapat berguna dalam kehidupan masyarakat. Pengetahuan, kreativitas dan pengembangan tentang kimia ramah lingkungan diperlukanbagi umat manusia.
Oleh karena itu, Senat Mahasiswa Fakultas Farmasi Keluarga Mahasiswa UniversitasPancasila (SEMA FF-KMUP) periode 2014-2015 mengadakan acara Lomba Karya TulisIlmiah (LOKAL) 2015.
B. DASAR PEMIKIRAN
Agar kreativitas dan inovasi para pelajar di Indonesia dapat tersalurkan, dibutuhkansuatu wadah yang dapat menampung hal-hal tersebut. LOKAL 2015 ini diadakan dengantujuan sebagai wadah untuk menampung kreativitas dan inovasi para pelajar di Indonesia tentang kimia ramah lingkungan, khususnya pelajar SMA/MA/SMKF se-JABODETABEK. LOKAL 2015 diharapkan dapat memberi efek positif bagi lingkunganhidup umat manusia. Oleh sebab itu, SEMA FF-KMUP mengadakan acara LOKAL 2015.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
1. Meningkatkan minat dan kreativitas menulis untuk siswa SMA/MA/SMKF khususnya dalam karya tulis ilmiah
2. Memberikan wadah untuk menyalurkan aspirasi pemikiran siswaSMA/MA/SMKF
3. Mengembangkan dan memberikan motivasi siswa SMA/MA/SMKF agar mampumenyampaikan pendapat mereka dalam bidang pendidikan serta IlmuPengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
4. Menumbuhkan keinginan untuk menciptakan Indonesia yang ramah lingkungan
5. Memperkenalkan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila (FFUP) kepada siswaSMA/MA/SMKF
D. WAKTU PELAKSANAAN
Waktu pelaksanaan LOKAL 2015 ini adalah sebagai berikut:
10 Agustus-06 September 2015
Batas waktu masuknya naskah karya tulis ilmiah ke panitia
07 September-22 September 2105
Proses seleksi naskah karya tulis ilmiah oleh juri
23 september-25 September
Pengumuman 10 terbaik karya tulis ilmiah
26 September 2015
Presentasi 10 terbaik karya tulis ilmiah
E. PERSYARATAN PESERTA
1. Peserta lomba Karya Tulis Ilmiah adalah siswa SMA/MA/SMKF kelas 2, dan 3 baik negeri maupun swasta
2. Peserta perorangan
3. Peserta belum mempresentasikan karya tulis yang sama pada lomba lain diluar lingkup Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Tinggi.
F. SIFAT DAN ISI TULISAN
Sifat dan isi tulisan harus memiliki syarat-syarat sebagai berikut :
1. Kreatifitas dan Objektif
a. Tulisan berisi gagasan yang kreatif dengan memberikan solusi suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara divergen atau pemikiran yang terbuka.
b. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif.
c. Tulisan didukung oleh data dan informasi terpercaya.
d. Bersifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi.
2. Logis dan Sistematis
a. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.
b. Pada dasarnya karya ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis-analisis, kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran-saran.
c. Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka.
II. PENULISAN KARYA TULIS
A. SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut :
1. Halaman Judul
a. Judul diketik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
b. Nama penulis dan nomor induk siswa ditulis dengan jelas.
c. Sekolah (SMA/MA/SMKF) asal ditulis dengan jelas.
2. Lembar Pengesahan
a. Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis nomor insuk siswa.
b. Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.
c. Memuat tanda tangan dari kepala sekolah masing-masing sebagai persetujuan.
3. Halaman Persembahan
4. Halaman Abstrak
5. Kata Pengantar dari penulis
6. Daftar Isi dan Daftar Lain yang diperlukan seperti Daftar Gambar, Daftar Tabel dan Daftar Lampiran.
B. PENDAHULUAN
Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut :
i. Latar belakang masalah
ii. Identifikasi masalah
iii. Pembatasan masalah
iiii. Definisi masalah
v. Definisi operasional
vi. Tujuan penulisan
vii. Manfaat penulisan
C. TELAAH PUSTAKA, KERANGKA BERPIKIR DAN PERUMUSAN HIPOTESIS
Telaah pustaka berisi :
1. Uraian yang menunjukkan landasan dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji.
2. Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji.
3. Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
D. METODE PENULISAN
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara atau prosedur pengumpulan data dan informasi, pengolahan data dan informasi, analisis sintesis, mengambil simpulan serta merumuskan saran atau rekomendasi.
E. BAGIAN ISI / PEMBAHASAN
1. Analisis permasalahan didasarkan pada data atau informasi serta pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
2. Simpulan saran harus konsisten dengan analisis permasalahan.
3. Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi.
F. BAGIAN AKHIR
1. Daftar pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan.
a. Penulisan daftar pustaka untuk buku : nama pengarang, tahun terbitan, judul buku, tempat terbit dan nama penerbit.
Contoh: Kardiman, agus, 2003, Budi Daya Tanaman Obat secara Organik, Jakarta: Agromeda.
b. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal : nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Contoh: Calhoun, A. H. 2004, Profilaksis Spesifik Baru Untuk Migren yang Berkaitan dengan Menstruasi, Medika Vol. XXXI, hal. 107
c. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat websitenya, tanggal dan waktu (jam:menit:detik) diakses.
d. Daftar riwayat hidup (biodata atau curiculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan yang pernah diraih.
e. Lampiran ( jika ada).
G. PERSYARATAN PENULISAN
1. Naskah yang ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 35 halaman. Jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti dtd, tsb, dgn, sll.
H. PENGETIKAN
1. Tata letak
a. Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas A4, Font 12, Times New Roman Style.
b. Batas pengetikan:
1. Samping kiri 4 cm
2. Samping kanan 3 cm
3. Batas atas 3 cm
4. Batas bagian bawah 2 cm
c. Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya:
1. Jarak pengetikan antar bab dan sub-bab3 spasi, sub-bab dan kalimat dibawahnya 2 spasi.
2. Judul bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digaris bawahi.
3. Judul sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas seperti yang, dari, dan.
4. Judul anak sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 pukulan yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar(huruf kapital), kecuali kata-kata tugas seperti yang, dari, dan.
5. Jika masih ada sub-judul dengan tingkatan lebih rendah, ditulis seperti pada butir 3 di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
I. PENGETIKAN KALIMAT
Alinea baru diketik sebaris dengan baris diatasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.
J. PENOMORAN HALAMAN
1. Bagian pendahuluan yang meliputi Halaman, Judul, Nama Peserta, Kata Pengantar, dan Daftar Isi memakai angka romawi kecil dan ketik sebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya).
2. Bagian tubuh atau pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab dan diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan, 1,5 cm dari tepi atas (1,2,3 dan seterusnya).
3. Nomor halaman pertama dari tiap bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
K. PENILAIAN
Penilaian karya tulis ilmiah oleh tim juri yang sudah ditunjuk oleh panitia pelaksana LOKAL 2015.
L. PERSYARATAN
1. Pengiriman berkas karya tulis ilmiah, peserta diwajibkan menyertakan CD yang berisi file karya tulisnya tersebut serta fotocopy berkas karya tulis ilmiah sebanyak 4 rangkap
2. Cara pembayaran dapat dibayar langsung atau melalui Bank Mandiri dengan no rekening 900-00-2339883-8 a/n Mar’atus Sholikhah
Contact Person: Noviyanti Christiana (081289660666)
M. PENUTUP
Demikian pedoman ini dibuat untuk menjadi acuan bagi seluruh siswa SMA/MA/SMKF yang mengikuti LOKAL 2015 agar karya tulis yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan. Bila terdapat kekurangan maupun ketidakjelasan dalam pedoman umum ini, kami mohon maaf. Akhir kata kami sampaikan semoga pehoman ini bermanfaat.
PENJELASAN KRITERIA PENILAIAN
KARYA TULIS ILMIAH
Kriteria Seleksi
|
Penjelasan
|
Format Makalah
|
Tata tulis dan semua unsur pengungkapan dipenuhi dengan cermat diseluruh naskah dan mengikuti pedoman LOKAL 2015.
|
Kreativitas Gagasan
|
Gagasan diungkapkan secara menyeluruh dan struktur yang memperhatikan keunikan dan keaslian gagasan yang didukung dengan argumentasi ilmiah.
|
Topik yang Dikemukakan
|
Topik aktual dan sesuai dengan tema lomba, judul menangkap perhatian dan terdapat kejelasan tenyang topik.
|
Data dan Informasi
|
Data dan informasi yang dikumpulkan relevan dengan topik yang diperoleh dari sumber resmi, baik diperoleh dari data primer maupun sekunder. Data dan informasi berhubungan satu sama lain dan mendukung uraian pembahasan, analisis.
|
Pembahasan dan Simpulan serta transfer Gagasan
|
Bahasan mengandung unsur analisis, sintesis, rumusan simpulan.
|
FORMAT PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH
Nomor Peserta:
Nama Peserta:
Asal Sekolah:
No.
|
Kriteria Penulisan
|
Bobot
|
Skor
|
Skor Terbobot
|
1.
|
Format Makalah:
a. Tata tulis: ukuran , tipografi, kerapihan, tata letak dan jumlah halaman.
b. Pengungkapan: sistematika tulisan, ketetapan dan kejelasan ungkapan, bahan baku yang baik dan benar.
|
15
| ||
2.
|
Kreatifitas Gagasan:
a. Komprehensif dan keunikan.
b. Struktur gagasan (gagasan muncul didukung dari argumentasi ilmiah)
|
30
| ||
3.
|
Topik yang dikemukakan:
a. Sifat topik, rumusan, judul dan kesesuaian dengan ikhwal bahasa aktualitas.
b. Kejelasan uraian masalah.
c. Relevansi topik terhadap tema.
|
15
|
4.
|
Data dan sumber informasi:
a. Relevansi data dan informasi yang diacu dengan uraian tulisan.
b. Keakuratan dan integritas data dan informasi.
c. Kemampuan menghubungkan berbagai data informasi.
|
25
| ||
5.
|
Pembahasan, simpulan dan transfer gagasan:
a. Kemampuan menganalisa dan mensintesis serta merumuskan simpulan.
|
15
| ||
SKOR TERBOBOT TOTAL MAKSIMAL 9000
|
100
|
....................................2015
Juri
(...........................................)
Catatan:
1. Nilai skor yang diberikan adalah 40-90
2. Skor terbobot = bobot x nilai skor
PENILAIAN PRESENTASI KARYA TULIS
Nomor Peserta:
Nama Peserta:
Asal Sekolah:
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Skor Terbobot
|
1.
|
Penyajian:
a. Sistermatika penyajian dan isi
b. Alat bantu.
c. Cara presentasi (sikap)
d. Ketepatan waktu.
|
20
| ||
2.
|
Tanya Jawab:
a. Kebenaran dan ketepatan menjawab
b. Cara menjawab
c. Keterbukaan dan objektivitas peserta dalam acara tan ya jawab
|
30
| ||
3.
|
Penampilan:
a. Mengenakan pakaian sekolah, rapi dan sopan.
b. Berpenampilan menarik.
|
10
| ||
SKOR TERBOBOT TOTALMAKSIMAL 5400
|
60
|
............................... 2015
Juri
(........................................)
Catatan :
1. Nilai skor yang diberikan adalah 40-90
2. Skor terbobot = bobot x nilai skor
DAFTAR PUSTAKA
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2003, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, Bandung, Penerbit M2S.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar