DONOR DARAH

Hai,
Fraksi SEMA FF-KMUP rutin mengadakan kegiatan Donor Darah loh
apa saja keuntungan donor darah , yuk kita simak :

1. Melindungi jantung
Mereka yang secara aktif mendonorkan darah pastinya akan mendapati jantung yang jauh lebih sehat. American Journal of Epidemology membeberkan hasil ilmiah dari hal tersebut. Penelitian membuktikan bahwa pendonor darah aktif cenderung beresiko rendah mengalami penyakit jantung. Pendonor darah memiliki resiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung. Tak hanya itu, mereka pun mengurangi resiko hingga 33% menderita penyakit kardiovaskular lainnya. Terbukti bukan, perbuatan mulia ini tak hanya bermanfaat bagi sang penerima saja?
2. Menurunkan resiko terkena kanker
Konsistensi melakukan donor darah harus tetap dipertahankan, mengingat tubuh akan selalu merasakan manfaatnya. Untuk seorang pria, lakukanlah donor darah setiap 3 bulan sekali, sedangkan untuk wanita, Anda bisa melakukannya 4 bulan sekali. Resiko terkena kanker akan semakin menurun seiring tingkat konsisten si pendonor darah bersangkutan. Mereka mungkin saja terhindar dari kanker paru-paru, lambung, tenggorokan, dan juga usus besar.
3. Membantu menurunkan level zat besi dalam darah
Iron adalah zat besi yang terdapat di dalam sirkulasi darah setiap orang. Setiap kali seseorang melakukan donor darah, kegiatan ini terbukti menurunkan level iron di dalam tubuh. Penurunan zat besi berarti mengurangi resiko terkena penyakit jantung atau kardiovaskular lainnya. Manfaat zat besi diketahui mempercepat proses oksidasi kolesterol di dalam tubuh manusia. Hal inilah yang berdampak tidak baik bagi arteri dan berdampak terjadinya aterosklerosis.
4. Pembaharuan sel-sel darah secara rutin
Tubuh secara berkala akan memperbaharui sel-sel darah di dalamnya. Hanya saja proses ini ternyata berbeda antara seseorang yang melakukan donor darah dan tidak. Bagi mereka yang konsisten mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam pasca donor darah. Dalam waktu tersebut, volume darah akan benar-benar terganti dengan yang baru. Setidaknya 4 hingga 8 minggu ke depan, sel darah baru telah terbentuk dan membantu fungsi setiap organ. Dengan begini, tubuh akan terlihat jauh lebih segar dan sehat serta produktif melakukan berbagai aktivitas.
5. Pemeriksaan kesehatan gratis
Seseorang yang berniat mendonorkan darahnya akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kondisi tubuhnya prima. Sudah bisa dipastikan kita mendapatkan pemeriksaan gratis dari dokter atau tenaga ahli. Sehingga kita pun tahu bagaimana tekanan darah kita, kadar hemoglobin hingga berat badan pada saat itu. Jadi, Anda tak perlu takut lagi untuk melakukan donor dengan alasan kekurangan darah.
6. Mendapat pemeriksaan analisis darah secara gratis
Ketika Anda melakukan donor darah, maka sample darah yang Anda miliki akan diperiksa di laboratorium. Hal ini guna mengetahui apakah Anda mengalami penyakit tertentu atau tidak. Cara ini bisa pula digunakan untuk mendeteksi penyakit seperti sifilis, HIV, hepatitis atau penyakit lainnya. Langkah ini untuk memastikan apakah Anda memenuhi syarat menjadi pendonor darah atau tidak. Pasalnya penyakit menular tersebut akan menular menlalui transfusi darah yang dilakukan oleh penerima.

Donor darah untuk kecantikan dan psikologis

7. Membakar kalori secara teratur
Banyak wanita yang ingin memiliki tubuh ideal, namun sulit melakukan diet. Mengingat begitu banyak diet ekstrim yang malah berakibat fatal, cobalah melakukan donor darah. Setiap kali melakukan donor darah (500 ml), Anda akan membakar 650 kalori di dalam tubuh. University of California mengatakan bahwa seseorang yang rutin menyumbangkan darah akan kehilangan bobot tubuh sesuai yang diinginkan. Bila berat tubuh ideal, pastinya kulit Anda pun akan terlihat kencang seketika. Namun, jangan sesekali menjadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan
8. Keadaan psikologis lebih stabil
Setiap pendonor pastinya akan merasakan dampak yang menyehatkan bagi pikiran mereka. Pasalnya mereka akan lebih berpikiran jernih dan stabil dalam menyikapi berbagai masalah. Di samping itu, banyak pendonor yang merasakan kemampuan mereka menekan tingkat stress semakin membaik. Hal tersebut pastinya berdampak pada kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan dan masalah yang dihadapi.
9. Mencegah penuaan dini
Stress menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini pada seorang wanita. Tak ada seorang wanita pun yang ingin terlihat tua dan keriput di wajah. Donor darah secara teratur akan membantu kulit Anda beregenerasi secara sempurna. Keriput pun tidak mudah timbul karena kulit yang selalu mengencang. Tak perlu mahal-mahal melakukan perawatan kecantikan di pusat kecantikan, Anda pun bisa mendapatkannya.

Rangkuman Manfaat Donor Darah

 Bagi penerima :
1. Memberikan Kesehatan
2. Menyelamatkan nyawanya
3. Menyembuhkan penyakit yang diderita
4. Satu kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa

Bagi pendonor :
  1. Bentuk kepedulian antar umat manusia
  2. Dapat membantu menurunkan berat badan
  3. Membantu membakar kalori
  4. Deteksi dini resiko kesehatan
  5. Melindungi jantung
  6. Mencegah stroke
  7. Mencegah resiko kesehatanMengatur kontrol kesehatan
  8. Memperbaharui sel darah baru
  9. Mengurangi kelebihan zat besi
  10. Meningkatkan sel darah merah
  11. Meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal
  12. Meningkatkan kesehatan psikologis
  13. Membantu sirkulasi darah
  14. Memaksimalkan darah dalam paru-paru
  15. Menurunkan zat seng dalam darah
  16. Mencegah penyakit langka
  17. Menghilangkan kaku di pundak
  18. Mengetahui tipe darah
Agama : 
  1. Sangat di anjurkan semua agama
  2. Menambah amal masuk surga
Nah , sekarang kalian udah tau kan manfaat yang di dapat dari DONDAR selain manfaat diatas kalian juga dapet SKP Lohh,
Tunggu apalagi Donorkan darah kalian di kegiatan DONDAR FRAKSI selanjutnya yaa...
Ditunggu , "Setetes darah Anda, nyawa bagi sesama"










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[HUT BESI 2023]

HUT BESI ke-24 diselenggarakan pada tanggal 27 Januari 2024 di Aula Fakultas Farmasi Universitas Pancasila dengan tema "Maritim". ...